BAHAN AJAR EKONOMI

Permasalahan Ekonomi

Standar Kompetensi

Kemampuan memahami perilaku pelaku ekonomi dalam kaitan dengan kelangkaan dan pengalokasian sumber daya dan barang melalui mekanisme pasar.

Kompetensi Dasar

Kemampuan menganalisih permasalahan ekonomi dan pemecahannya berdasarkan system ekonomi yang berlaku.

Alokasi Waktu                         : 2 x 40 (1 Pertemuan)

Indicator

Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan memiliki kemampuan berikut :

-          Mengidentifikasi barang apa

-          Bagaimana cara memproduksi

-          Untuk siapa barang diproduksi

Permasalahan ekonomi merupakan persoalan yang akan terus meyertai sepanjang hidup manusia yaitu menyangkut kebutuhan manusia yang sifatnya tidak terbatas dibandingkan benda pemuas kebutuhan manusia yang bersifat terbatas atau langka. Hal tersebut membuat manusia untuk senatiasa berfikir, berusaha dan melakukan berbagai tindakan atau pengorbanan dalam rangka memenuhi kebutuhannya tersebut. Kegiatan atau usaha yang dilakukan manusia untuk memecahkan masalah ekonomi sudah dilaksanakan sejak zaman dahulu kala. Dalam materi ini kita akan membahas permasalahan ekonomi yang selalu di alami oleh manusia antara lain benda apa yang harus diproduksi, bagaimana melakukannya, berapa banyak yang harus diproduksi dan untuk apa barang itu diproduksi.

-          Identifikasi Tiga Masalah Pokok Ekonomi

Kebutuhan manusia yang beragam dan tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhannya adalah terbatas. Keadaan inilah yang menjadi inti masalah ekonomi, yaitu bagaimana memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dengan sumber daya ekonomi yang terbatas.

Oleh karena itu, manusia berupaya mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan berusaha memproduksi barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan sehingga diharapkan mampu mengimbangi kebutuhan manusia. Upaya inilah yang menjadi akar masalah pokok ekonomi, di mana selalu menjadi bahan dan beban pikiran banyak orang. Masalah pokok ekonomi tersebut merupakan tugas pokok system ekonomi yang diperinci ke dalam tiga pertanyaan sebagai berikut.

  1. Barang dan Jasa Apa yang Harus Diproduksi dan Berapa Banyak (What)

Persoalan ini menyangkut masalah tentang jenis dan jumlah barang atau jasa yang harus diproduksi agar sesui dengan kebutuhan yang diperlukan masyarakat. Sehubungan dengan produksi apa yang harus dihasilkan dan berapa banyaknya, pada perkembangannya bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, tetapi juga untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Persoalan tersebut merupakan akibat langsung dari ketidak mampuan sumber daya produksi untuk memproduksi semua jenis barang dan jasa. Oleh karena itu, para pelaku ekonomi harus menentukan pilihan-pilihan dalam proses produksinya. Misalnya, apakah lahan yang tersedia akan dimanfaatkan untuk menanam padi, tebu atau untuk lahan pembangunan pabrik, perumahan atau perkantoran.

  1. Bagaimana Cara Memproduksinya (How)

Setelah menemukan pilihan yang pasti mengenai jenis dan jumlah produk, selanjutnya harus dirancang mengenai cara dan langkah memproduksinya. Persoalan ini menyangkut masalah penggunaan teknologi dan pilihan kombinasi sumber daya yang akan dipakai, apakah mengunakan intensif tenaga kerja atau intensif modal. Apakah menggunakan teknologi tradisional, teknologi menengah atau teknologi canggih. Karena menggunakan tekno logi yang canggih dalam kenyataanya belum tentu menghasilkan keuntungan yang maksimal. Apabila permintaan pasar sangat besar penggunaan teknologi canggih akan meningkatkan efesiensi akan tetapi apabila permintaan hanya sedikit, penggunaan teknologi produksi yang trodisional atau sederhana justru akan menciptakan efesiensi yang lebih baik dibandingkan penggunaan teknologi yang canggih.

  1. Untuk Siapa Barang atau Jasa itu Diproduksi (For Whom)

Persoalan ini menyangkut masalah siapakah yang akan menikmati dan memperoleh manfaat dari adanya barang atau jasa? Apakah memang dipakai oleh masyarakat dan dapat sampai ke tangan masyarakat? Bagaimana hasil produksi didistribusikan kepada masyarakat? Dalam lingkup ini diperlukan langkah-langkah agar hasil produksi dapat tersalur ke tangan masyarakat yang tepat sehingga jangan sampai hasil produksi tidak dapat dipakai atau tidak sampai ke tangan masyarakat, tetapi justru masih tersimpan di gudang produksen, sehingga pada intinya permasalahan distribusi menyangkut dua permasalahan pokok yaitu sebagai berikut.

  1. Apakah hasil produksi dinikmati sebagian besar masyarakat ataukah hanya sebagian kecil masyarakat?
  2. Apakah distribusi pendapatan dapat dicapai secara merata atau tidak?

Uji Kompetensi

Kerjakan tugas berikut denagn benar!

Diskusikan dengan teman-teman Anda, bagaimanakah sebaiknya strategi perusahaan agar tiga masalah pokok ekonomi, yaitu what, how dan for whom yang dihadapi perusahaan dapat terselesaikan dengan baik, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan yang maksimal?

Jawab:…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: