PENGENDALIAN RAYAP PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

PENDAHULUAN

Rayap dari jenis Coptotermes curvignathus merupakan masalah hama yang serius terutama pada perkebunan kelapa sawit di tanah gambut. Pengolahan lahan sebelum penanaman yang tidak sempurna dan kandungan bahan organik yang tersedia cukup banyak akan menyebabkan rayap berkembang secara cepat.

Pada tanaman muda, rayap akan mulai menyerang mulai dari pangkal pelepah dan naik sampai daun tombak. Serangan  rayap dapat terdeteksi   dengan adanya alur-alur  tanah berwarna  hitam basah  pada bagian  pangkal  pelepah  sampai daun tombak.  Apabila  alu-alur  itu  dirusak  makan  akan  dijumpai  rayap yang  masih aktif. Selanjutnya  rayap  akan  menyerang  jaringan  tanaman  yang  masih  muda yaitu  bagian  pangkal  daun  tombak, akibatnya  daun  muda  akan mati. Serangan rayap  pada  jaringan  muda  dapat  menyebabkan  infeksi  sekunder  oleh jamur/bakteri sehingga titik tumbuh busuk dan mati.

 POTENSI KERUSAKAN

Serangan rayap pada kelapa sawit dapat terjadi sejak penanaman sampai umur 11 tahun dengan tingkat serangan dapat mencapai 5% atau 7-8 pohon/Ha. Serangan yang tidak dilakukan pengendalian secara dini dapat menyebabkan kematian kelapa sawit. Tanaman muda pada umumnya lebih peka daripada tanaman tua. Selain dapt menyebabkab kematian pohon, serangan yang tidak dikendalikan dapat menyebar ke pohon-pohon disekelilingnya.

HABITAT RAYAP

Pada umumnya rayap hidup di hutan terutama di daerah rendahan dan daerah yang mempunyai curah hujan dengan distribusi merata. Sarang-sarang dapat dijumpai pada kayu-kayu mati yang berada diatas atau dibawah permukaan tanah. Sarang-sarang rayap tersebut saling berhubungan satu dengan yang lain hingga mencapai panjang 90 m pada kedalaman 30-60 cm dibawah tanah.

Untuk lebih jelasnya silahkan klik LINK di bawah ini :

http://www.ziddu.com/download/17886363/PP6-1SeranggaRayapPedoman3.doc.html

1 Response so far »

  1. 1

    Kendalikan Rayap segera di 031-60275758 , 72575899 , fax : 031 – 58253688 / e-mail : termindomultijaya@gmail.com / visit our website : http://www.kendalirayap.com / follow us : @KendaliRayap
    Konsultasi dan Survey* Gratis.
    We always GIVING THE BEST


Comment RSS · TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: