Analisis penerapan knowledge management pada industri manufaktur (studi kasus P.T. Toyota Astra Motor)

Di Indonesia Knowledge Management (KM) memang belum dikenal secara luas. Namun apabila diamati, ada banyak aktifitas di dalam perusahaan-2 yang merupakan bagian dari penerapan KM, baik dari sisi infrastruktur organisasi maupun teknologi. Dengan mengembangkan potensi penerapan KM di dalam perusahaan, maka hal tersebut. dapat menjadi salah satu faktor keunggulan bersaing. Dari sisi infrastuktur teknologi, dukungan teknologi komputer dan komunikasi merupakan faktor pemungkin bagi orang untuk berbagi informasi tanpa dibatasi tempat dan waktu [Benn00]. Kesempatan untuk berbagi informasi ini memberikan peluang untuk menerapkan KM dalam suatu organisasi. Namun peluang tersebut. belum dapat dimanfaatkan secara optimal, karena infrastruktur organisasi yang belum mendukung. Tesis ini bertujuan untuk meneliti bagaimana penerapan proyek KM dalam suatu perusahaan. Obyek studi kasus dalam tesis ini adalah Divisi Production Control dari P.T. Toyota Astra Motor (TAM). Metodologi yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah Perencanaan Sistem Informasi dari Turban [Turb96]. Langkah-langkah dari Perencanaan Sistem Informasi tersebut adalah menentukan Strategi Bersaing perusahaan, kemudian menentukan kebutuhan informasi organisasi dan diakhiri dengan penentuan model konseptual penerapan KM di Divisi Production Control.

5 Tanggapan so far »

  1. 1

    mayang said,

    ide nya sangat bagus..
    boleh saya lihat hasil penelitian yg anda buat mengenai KM dan penerapannya pada industri…
    kirimkan melalui email saya

    terimakasih

  2. 2

    eki said,

    kalau saya mau menganalisis aplikasi KM, kira2 dari segi mananya ya? thx

  3. 3

    Christin said,

    wah2 boleh nih sharing2 infonya mengenai KM

    boleh saya lihat hasil penelitian yg anda buat mengenai KM dan penerapannya pada industri…
    kirimkan melalui email saya

    terimakasih

  4. 4

    adin said,

    abstract saudara bagus mengenai penerapan KM di suatu Industri. Boleh saya minta tulisan lengkapnya mas, saya juga sedang nulis mengenai strategi implementasi KM di Perum Bulog, thanks

  5. 5

    Astri Annisa said,

    Dear Bapak / Ibu,

    Kebetulan saat ini saya sedang mempelajari Knowledge Management dan sata sangat tertari atas tulisan Bapak/Ibu ini.

    Jika diizinkan, saya ingin membaca keseluruhan tulisan ini. Jika bersedia, mohon dapat dikirimkan tulisan tsb ke email saya.

    Thanks & Regards,
    Astri Annisa


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

