Atribut kemampuan (ability) PENDIDIKAN ORANG DEWASA

Banyak senior-senior yang lain mengikuti sekolah yang serupa dan perguruan tinggi –perguruan tinggi yang mempunyai atuan pendidikan dan prestasi yang sama. Masing-masing mempunyai sebuah bentuk yang unik merefleksikan ketertarikanya, rumah, tetangganya dan pengaruh sekolah. Ada juga banyak sekolah SMA saat ini yang jauh dari menarik dalam kerjanya dan yang tidak melanjutkan pendidikannya lebih tinggi.

Prestasi dan ciri yang digariskan bukan menjadi ukuran kemampuan meskipun kemampuan itu telah berkembang lebih dari satu periode dalam bebrapa tahun diasusmsikan pokok / yang mendasari setiap prestasi. Ilmu pengetahuan kita sekarang ini mengenai kemampuan yang mungkin masing – masing  prestasi kemungkinan tidak komplit, sehingga kita tidak dapat mengkhususkan dengan pencapaian yang maksimal, kemampuan yang spesifik yaitu meliputi: seperti contohnya bermain terompet perancis atau tinggal sendiri dan orang lain dengan bahagia. Ilmu pengetahuan kita cukup meskipun memungkinnkan kita untuk hipitesis kemampuan, menggunakan bermacam-macam, kerangka kerja teori secara teoritikal akan didiskusikan kemudian di daftar ini

Atribut kemampuan (ability)

Sebuah kemampuan atau sebuah bentuk kemampuan seperti berbicara perancis dengan lancar, merupakan sebuah mediator di identifikasikan melalui hubungan dan pemeliharaan eksperimen yang dihitung untuk ketetapan diantara bagian-bagian yang terpisah. Kemudian, kemampuan berbicara perancis dengan baik digaris bawahi hanya dijumpai secara terpisah dan pengalaman seorang dengan orang lain yang berbicara perancis dalam pendapat ini sebagai media atau tindakan membantu seseorang untuk interprestasikan ide, dan tindakan yag lainnya dan juga membantu dia untuk mengambil tindakan berdasarkan pada apa yang dia ucapkan.

Fleishman dan bartlert (1969) dalam sebuah pandangan yang menyeluruh dari pemilihan  pada kemampuan manusia di identifikasi 5 atribute yang penting dalam kemampuan :

1. Kemampuan adalah sebuah hasildari kedewasaan dan belajar banyak latihan dan belajar dibutuhkan sebagai contoh berbicara perancis dengan baik atau memahami konsep dan dasar dari biologi. Dasar pengembangan secara individu terbatas kepada apa yang dia dapat ajari. Kemudian kemampuan berkembang pada tingkat yang berbeda dari lahir hingga dewasa sebagai contoh : pemahaman verbal meningkat lebih cepat dari pada alasan aritmatik pada awal anak.

2. kemampuan berkembang selama bertahun tahun berkembang terus sampai masa dewasa seperti contohnya keterampilan manual tetap stabil dari tahun ke tahun yang kedua saling berlawanan antara memperbaiki kemajuan dan kemunduran dimasa dewasa.

3. keberadaan kemampuan pada setiap individu mempengaruhi tingkat seseorang belajar ilmu baru kemudian pelajar yang tinggi dalam kemampuan yang renggang dan menerima, alasan aritmatik lebih tinggi dalam fiska daripada yang lemah dalam keduanya. Motivasi dan faktor-faktor lain menjadi seimbang. Pentingnya keseimbangan, belajar fisika akan memungkinkan kontribusi kemampuan yang lebih jauh dari kedua kemampuan tersebut

4. Satu kemampuan mungkin di trasnfer melalui lewat belajar dari bermacam-macam task yang spsefik yang lebih besar daripada yang lainnnya hubungan aritmatik, sebuah kemampuan fasilitas belajar pada task guru melibatkan perhitungan sebaliknya keberadaan ruang yang memadai memudahkan pembelajaraan task dikelas seperti matematiaka, ilmu pengetahuan mesin dan bidang yang lainnya. Dengan kata lain kemampuan yang bermacam-macam dari khusus ke umum dan kemampuan yang lebih umum itu ditransfer.

5. kecakapan Kemampuan yang lebih fundamental daripada keterampilan. Istilah terampil mengacu pada tingkatan profesi/keahlian dalam sebuah satuan taks atau susunan taks, menyelam, berenang, menerbangkan pesawat, bermain basket, menulis kursif dan mengetik adalah keterampilan yang dibutuhkan dalam tingkat keahlian / profesi, untu memenuhi tiap-tiap keterampilan ini seseorang harus mempelajari urutan aktivitas dan melaksanakan atau melakukakn ini secara tepat dan benar, keterkaitan  tiap tiap bentuk keterampilan bagaimanapun lebih berdasar pada kemampuan / kecakapan keterampilan jari dan kecepatan jari adalah 2 kemajauan psikomotor yang mendasar saat mengetik dan menulis dengan tangan kemampuan kognitif juga termasuk dalam pembentukkan keterampilan ini.

Sebagai tambahan, atrribut-atribut yang terdahulu Cronbach (1970) menunjukkan bahwa perbedaan antara kemampuan dan prestasi sulit di simpulkan sama seperti pebedaan antara kemapuan dan keterampilan. Keduanya antara keterampilan dan prestasi sama mengacu paada dasar apa yang dipenuhi seperti sebuah hasil dari latihan khusus. Kemudian satu dari dua orang membandingkan kemampuan psikomotor yang diajarkan dalam bermain volley dan yang lain basket. Secara bersamaan satu dari dua orang membandingkan kemampuan verbal yang belajar menulis cerita pendek dan yang lainnya menulis laporan berita. Tetapi karena mereka mengembangkan keterampilan dan prestasi ini lewat latihan, dapat disimpulkan bawa kemampuan harus dikembangkan. Dan kemampuan yang dikembangkan dengan bermain volley akan mentrasfer pada bermain basket meskipun kemampuan ini tidak mungkin sama secara khusus. Banyak orang yng tidak membedakan istilah ini antara keterampilan dari kemampuan yang mendasar

5. atribut dari kemampuan (a-e) seperti kamu mempunyai kemampuan membaca memahami dan mengunakan banyak kata (kemampuan verbal) dan juga kemampuan untuk menghubungkan apa yang kamu lihat dengan apa yang kamu lakukkan (koordinasi mata dan tangan) apakah setiap dari lima atrinut diterapkan secara seimbang pada kemampuan verbal dan koordinasi mata dan tangan.

a. sebuah kemampuan ialah sebuah hasil dari kedewasaan dan pembelajaran.

b. sebuha kemampuan berkembang selama bertahun-tahun berlangsung lama sampai usia dewasa

c. kemampuan yang dimiliki seseorang berpengaruh pada tingkat dia belajar menghubungkan dengan teks baru

d. satu kemampuan mungkin berdasar pada bentuk / susunan teks secara lebih spesifik dari pada yang lainnya.

e. sebuah kemampuan lebih mendasar daripada sebuah keterampilan

kemampuan kognitif dan organisasinya

Metode Identifikasi

Kemampuan kognitif mungkin dianggap dalam istilah mengidentifikasi kemampuan dengan dua cara yaitu

1 kemampuan secara sistematis diidentifikasidengan cara mengadakan penelitian program lebih dari 1 periode dalam beberapa tahun, dengan eksperimen dan metode analisis faktor (analisis faktor yaitu sebuah metode yang sistematis untuk mengkaji makna dari sebuah test denga mempelajari hubungan antara variabel yang lain dengan menghubungkan cronbach 1970). Tes ini adalah pengembangan secara spesial untuk mengidentifikasi kemampuan hipotesis dan satu set dari tujuan belajar yang beruurutan dengan yang lainnya sampai (to be continued)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: