Mengukur nilai ekonomis sistem marketing customer information

file untuk mendukung customer relaionship managemen dalam meningkatkan profitabilitas. Persaingan antar bank semakin meningkat seiring dengan peningkatan usaha perbankan dalam memberikan pelayanan kpada nasabah, meningkatkan keuntungan dan memperluas jangkauan pasar. Para manajer bisnis terus menerus mengambil keputusan bisnis berdasarkan pada informasi yang mereka dapat baik yang berasal dari internal maupun eksternal, untuk mencapai obyektif dari perusahaan. Krisis ekonomi yang melanda negara-negara di kawasan Asia termasuk juga Indonesia, telah mempengaruhi kinerja dunia perbankan. Langkah-langkah restrukturisasi maupun merging antar bank-bank di Indonesia dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan bisnis di masa krisis tersebut. Bagi bank, nasabah merupakan aset terbesar yang harus dipertahankan Perubahan pasar yang cepat membutuhkan suatu sistem informasi untuk membantu proses pengambilan keputusan strategis. MCIF (Marketing Customer Information File) dibentuk untuk mendukung CRM (Customer Relationship Management) dan membantu bank dalam meningkatkan profitabilitas. Tesis ini memfokuskan pada analisis perhitungan keuntungan-keuntungan, pengaruh ekonomis, tingkat strategis sistem serta pengaruh terhadap organisasi dengan menggunakan model porter, WCA Alter, metodologi IE Parker dan hasil penelitian Dyche. Data yang digunakan untuk analisis berasal dari buku-buku, referensi, whitepaper atau juga dari internet dengan asumsi-asumsi tambahan sebagai pelengkap analisis data.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: