PENINGKATAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KOPERASI DENGAN CARA MENINGGIKAN TARAF (UPGRADE) PENGGUNAAN KOMPUTER DI KOPERASI

  1. A. PENDAHULUAN
    1. a. Latar Belakang

Karena koperasi lebih dimengerti sebagai satu bentuk badan usaha, maka ilmu yang tepat untuk mempelajari koperasi adalah cabang ilmu ekonomi mikro yaitu manajemen. Masalah koperasi dianggap semata-mata sebagai masalah manajemen yaitu bagaimana mengelola organisasi koperasi agar efisien, dan agar, sebagai organisasi ekonomi, memperoleh keuntungan (profit) sebesar-besarnya seperti organisasi atau perusahaan-perusahaan lain yang dikenal yaitu perseroan terbatas atau perusahaan-perusahaan milik negara (BUMN).

Pada jaman sekarang masih ada koperasi-koperasi yang menggunakan sistem lama seperti MS-DOS , Professional Write atau WordStar yang sudah dianggap ketinggalan jaman oleh tenaga-tenaga Teknologi Malumat. Tidak kurang juga ada koperasi-koperasi yang langsung tidak mempunyai komputer !. Langkah-langkah kesedaran perlu di tingkatkan. Dengan seruan kerajaan bagi meninggikan mutu teknologi maklumat di Malaysia dan pengurangan cukai terhadap barangan atau kakitangan teknologi maklumat, koperasi bolehlah bertindak mendapatkan perkakasan atau sistem terkini didalam revolusi komputer disamping mendapatkan tenaga mahir yang murah dari luar. Ini adalah perlu, dengan terlahirnya industri ‘multimedia’ komputer-komputer peribadi yang lama seperti 80286 atau 80386 yang terdapat dikebanyakan koperasi  contohnya, tidak lagi mampu bersaing didalam arus teknologi yang makin berkembang ini. Ini akan menyebabkan koperasi tersebut dan banyak koperasi-koperasi lain ketinggalan jauh kebelakang. Koperasi-koperasi seharusnya memanafaatkan kelonggaran ini bagi mendapatkan teknologi terkini seperti Pentium II MMX. Dengan peralatan yang canggih seperti itu, keupayaan komputer di koperasi tidaklah boleh diperkecilkan.

Pengguna-pengguna komputer juga perlu ditingkatkan kemahiran mereka, jika tidak kita boleh diibaratkan membeli pesawat pejuang canggih tetapi tidak mempunyai juruterbang !. Kursus-kursus komputer kini boleh didapati secara murah dan mudah diseluruh negara.  Terdapat banyak universitas-universitas yang menawarkan pelbagai kursus komputer seperti Computer Science, Computer Studies atau Multimedia. Terdapat juga  universitas-universitas swasta yang turut juga menyumbang untuk kemajuan pengetahuan komputer yang senantiasa mendapatkan tenaga mahir dari luar negara agar kursus yang diberikan tidak ketinggalan zaman !.

  1. b. Perumusan masalah

Dari permasalahan di atas dapat dirumuskan masalah yaitu yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja koperasi :

  1. Bagaimana cara peningkatan kinerja koperasi yang efisien dan efektif ?
  2. Teknologi apa saja yang dapat mendukung program tersebut ?
  1. B. PEMBAHASAN

Semakin meningkatnya teknologi tidak sepantasnya kita memandang remeh. Penggunaan teknologi yang tepat guna mampu meningkatkan kinerja pengelolaan koperasi yang didukung oleh sistem informasi manajemen yang berteknologi modern. Sistem informasi ini menggunakan teknologi yang berbasis pada penggunaan komputer sebagai pusat sistem informasi. Teknologi yang digunakan antara lain :

  1. 1. INTERNATIONAL NETWORK (INTERNET)

Internet adalah suatu ledakan baru daru arus teknologi maklumat. Ia adalah sejenis sistem rangkaian yang mampu memberi peluang kepada pengguna berinteraksi keseluruh dunia untuk mendapatkan informasi-informasi terkini. Koperasi boleh menggunakan teknologi internet untuk mendapatkan pandangan-pandangan pakar dalam koperasi seperti koperasi-koperasi Jepun, Holland, German atau Sweeden.  Koperasi-koperasi juga boleh mengiklankan produk-produk atau servis mereka melalui internet ini dengan mencipta halaman elektronik mereka atau lebih dikenali dengan WEB. Ini akan menjadikan pasaran koperasi menjadi global atau antarabangsa. Produk-produk boleh diiklankan atau dipesan melalui surat elektronik (Electronic Mail). Koperasi juga boleh menggunakan sepenuhnya teknologi ini seperti menyediakan barang-barang keahlian, barang-barang pinjaman atau sistem maklumat ahli. Ini akan menyingkat masa dan tenaga ahli yang tinggal jauh, dimana mereka dapat menghantar barang-barang pinjaman mereka melalui Electronic Mail atau melihat akun mereka melalui WEB yang disediakan.

Harga-harga pasaran pesaing juga boleh dirujuk dihalaman mereka. Dengan itu kajian statistik boleh dibuat agar memastikan barangan-barangan atau servis koperasi sentiasa mendapat tempat berbanding syarikat-syarikat koperasi. Melalui WEB juga informasi-informasi terkini boleh di paparkan atau melalui Electronic Mail, agenda-agenda tergempar boleh dihantar dengan kadar yang segera (1 hingga 2 minit) berbanding melalui pos biasa 3 atau 4 hari !. Ini akan menjadikan servis koperasi lebih efisien dan canggih setanding dengan badan-badan koperasi. Jika koperasi memerlukan bantuan teknikal terhadap sesuatu masaalah, internet boleh dibuka (surfing) dan dicari halaman-halaman yang menyedikan informasi itu. Ini akan mengurangi biaya informasi dari pakar, karena didalam internet kebanyakan maklumat adalah percuma !.  Penginformasian koperasi seperti CYBER COOP yang dirancang oleh Maktab Kerjasama Malaysia juga boleh dicapai melalui internet ini. Di dalam Cyber Coop, informasi-informasi terkini  tentang gerakan koperasi boleh dicapai. Para koperator-koperator juga boleh bertukar-tukar pendapat melalui rangkaian ini.

  1. 2. KORIDOR RAYA MULTIMEDIA (MULTIMEDIA SUPER CORRIDOR)

Apabila kita membincangkan isu-isu semasa komputer, kita tidak lari dari membicarakan tentang Koridor Raya Multimedia atau Multimedia Super Corridor (MSC). Selaras dengan Wawasan 2020, pemerintah telah melancarkan MSC ini bagi mencipta bandaraya bijak yang rata-rata akan menggunakan teknologi terkini. Apabila ia siap dijangka ‘teknologi tanpa kertas’ akan memainkan peranan yang banyak. Koperasi boleh mengambil peluang ini dengan memanafaat sepenuhnya apa yang coba dibawa oleh pemerintah terhadap kemajuan teknologi informasi dinegara kita. MSC akan menawarkan berbagai kemudahan antaranya seperti :

  1. Tenaga-tenaga teknologi informasi yang murah
  2. Mengadakan kebijakan yang benar
  3. Kemudahan mendapatkan bantuan pakar

Dr. Norsaidatul Akmar Bt. Mazelan dari Multimedia Development Corporation sebuah syarikat MSC dalam siesi ceramahnya, menawarkan penginformasian dalam berbagai teknik pasaran atau bantuan secara teknologi informasi. Koperasi boleh menggunakan MDC dan MSC ini bagi meningkatkan penginformasian dan servis serta mendapat jaminan kerajaan dalam mendapatkan pelanggan didalam MSC ini.

Manakala kebijakan membolehkan koperasi berinteraksi dengan berbagai syarikat-syarikat lain secara murah dan global. Tidak mustahil penginformasian koperasi boleh ditingkatkan hingga keluar negara .

  1. 3. ALAF 2000

Setelah koperasi benar-benar bersedia dari segenap segi; sarana prasarana dan tenaga kerja, Koperasi perlu menyediakan sepenuhnya informasi atau servis melalui teknologi informasi. Contohnya :

  1. Menyediakan counter elektronik

Dimana melalui kaunter ini segala informasi ahli, akun ahli, status pinjaman atau pertanyaan boleh ditanya pada komputer melalui jaringan telepon, internet atau datang sendiri. Counter ini akan mengurangkan biaya karyawan yang mahir dalam kaunter.

  1. Mengedarkan maklumat kepada ahli melalui WEB, Electronic Mail, Video Conference atau CD-ROM

Ini akan menjadikan informasi lebih cepat, tepat dan efisien. Disamping pengurangan bahan-bahan bercetak melaui ‘teknologi tanpa kertas’ ini.

  1. Menyediakan khidmat Sistem Rangkaian

Melalui sistem ini, pegawai boleh dihubungi terus dari koperasi sekiranya mereka diperlukan ketika cuti. Pegawai teknologi informasi contohnya, dapat melakukan modifikasi atau implemntasi sistem hanya dari rumah mereka tanpa perlu pulang atasan..

Koperasi seharusnya menggunakan peluang yang sedia ada agar sentiasa berada dihadapan bersama syarikat-syarikat korporat lain. Ini agar dapat mempastikan koperasi sentiasa maju dan diberikan tumpuan oleh kerajaan apabila munculnya alaf baru 2000 yang lebih dikenali dengan era teknologi maklumat. Koperasi perlu mengadakan anjakan paradigma (Paradigm Shift) jangan sampai digelar ‘Katak Di Dalam Bekas Kaca’ yang hanya melihat perubahan yang pesat tanpa mengambil peluang atau  bergerak bersama-sama ke era yang lebih maju.

Mempertimbangkan kondisi SIM tersebut, telah diupayakan penyempurnaan dengan pendekatan online system berbasis website. Prinsip dasar dari online system adalah bahwa input data oleh faskel yang dilakukan setiap dua minggu sekali akan langsung dapat ditampilkan di website. Beberapa manfaat yang diharapkan dapat diperoleh melalui online system antara lain adalah mempercepat akses data, proses tidak berbelit, dan data yang tampil lebih akurat.

Akses data akan semakin cepat mengingat input data akan dilakukan faskel sendiri tidak harus melalui mekanisme birokrasi ke koordinator kota dan KMW. Sedangkan data yang dihasilkan akan lebih akurat karena data yang tampil di website akan bisa segera dikritisi oleh pihak-pihak yang berkompeten secara langsung, sehingga kinerja peng-input data sekaligus bisa dikontrol oleh berbagai pihak. Manfaat lainnya adalah bahwa data-data dapat segera dikonsolidasikan, karena tidak melalui mekanisme yang berjenjang atau bertingkat. Selain itu, online system juga lebih mudah dalam operasionalisasinya bagi user mengingat tidak perlu melakukan instalasi aplikasi, karena aplikasi sudah berada di website.

Pada akhirnya, data atau informasi yang dihasilkan melalui online system akan selalu diperbaharui sesuai dengan perkembangan terkini di lapangan. Hal ini, sangat penting dan berguna bagi pelaku untuk melakukan evaluasi kegiatan berdasarkan hasil analisis data SIM, yang selanjutnya mampu menghasilkan rekomendasi-rekomendasi sebagai masukan bagi pengambil kebijakan untuk keperluan pengambilan keputusan.

Meskipun demikian, offline system tidak dihilangkan sama sekali dan tetap diterapkan sebagai data pendukung dan pelengkap dari data-data yang diperoleh melalui online system.

  1. C. PENUTUP

Semakin meningkatnya teknologi tidak sepantasnya kita memandang remeh. Penggunaan teknologi yang tepat guna mampu meningkatkan kinerja pengelolaan koperasi yang didukung oleh sistem informasi manajemen yang berteknologi modern, sehingga penggunaan kemajuan teknologi dalam sistem informasi manajemen sangat dibutuhkan pada saat sekarang ini. Koperasi yang masih menggunakan teknologi yang belum modern akan menyebabkan koperasi tersebut dan banyak koperasi-koperasi lain ketinggalan jauh kebelakang. Koperasi-koperasi seharusnya memanafaatkan kelonggaran ini untuk mendapatkan teknologi terkini. Dengan peralatan yang canggih seperti itu, penggunaan komputer di koperasi tidaklah boleh diperkecilkan. Penggunaan kemajuan teknologi dalam sistem informasi manajemen koperasi dengan cara meninggikan taraf (upgrade) penggunaan komputer di koperasi mampu meningkatkan efektifitas manajemen dalam koperasi. Penggunaan teknologi tersebut tidak berusaha untuk menggantikan tenaga manusia tetapi digunakan untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih efektif dan efisien tanpa membuang waktu dan biaya, selain itu koperasi mampu mencapai tujuannya untuk memberikan kemakmuran bersama kepada anggotanya. Oleh karena itu kita tidak boleh meremehkan kemajuan teknologi karena sekali kita ketinggalan teknologi maka kita tidak mampu bersaing didalam arus teknologi yang makin berkembang ini.

3 Tanggapan so far »

  1. 1

    daeng cupu said,

    thanks

  2. 2

    Does your blog have a contact page? I’m having problems locating it
    but, I’d like to shoot you an email. I’ve got some ideas for your blog you might be interested in hearing.
    Either way, great site and I look forward to seeing it grow over time.

  3. 3

    After looking at a number of the articles on your web site, I seriously
    appreciate your technique of blogging. I book marked it to my bookmark webpage list
    and will be checking back in the near future. Please
    visit my website as well and let me know your opinion.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: