PUPUK DAN PEMUPUKAN

Seperti hewan dan manusia, tanaman sebagai makhluk hidup juga memerlukan zat-zat makananuntuk pertumbuhan dan berkembang biak. Di dalam tanah memang sudah tersedia makanan bagi tanaman tapi tidak semua tanah memberi makanan yang cukup. Maka persoalan kadar makanan ini yang perlu diperhatikan. Jika persediaan makanan didalam tanah berlimpah, maka tanaman akan tumbuh subur dan begitu pula sebaliknya.

Oleh sebab itu tanah perlu dibantu. Untuk menambah makanan nya dalam menutupi kekurangan kadar makanan tersebut. Makanan yang ditambahkan ini, biasa dikenal sebagai pupuk. Pupuk banyak ragam jenis dan bentuknya, namun untuk mengenal secara terperinci terlebih dulu perlu dilihat kedudukan di dalam persoalan pupuk dan pemupukan pada umunya.

Pupuk Pada Umumnya

Secara sederhana pupuk dapat dikatakan sebagai bahan-bahan yang diberikan pada tanah agar dapat menambah unsur-unsur atau zat-zat makanan yang diperlukan tanah baik secara langsung atau tidak langsung. Dengan demikian, pemupukan pada umumnya bertujuan untuk memelihara atau memperbaiki kesuburan tanah, dimana secara langsung atau tidak akan dapat juga menyumbangkan bahan makanan kepada tanaman yang tumbuh di tanah tersebut.

Dalam memupuk kita harus memperhatikan zat-zat apa saja yang perlu ditambahkan pada tanah agar dapat mencapai hasil tanaman yang maksimal. Juga berapa banyak dan bagaimana perbandingan zat-zat yang harus diberikan itu dan perlu juga dperhatikan pengaruh tak langsung penambahan zat-zat itu. Pengaruh apa saja yang ditimbulkannya terhadap bagian-bagian dan sifat-sifat tanah serta tanam-tanaman.

Selain itu perlu diingat pula bahwa pemupukan adalah tindakan yang mempengaruhi hubungan tanah dengan tumbuh-tumbuhan. Tanah dan tumbuh-tumbuhan adalah dwi tunggal yang tak bisa dipisahkan. Sebagai halnya dengan tumbuhan maka tanahnya juga harus kita pandang sebagai perantara yang hidup. Bukan sebagai suatu medium atau bahan perantara yang pasif karena pada hakekatnya yang langsung kita pupuk bukan tanamannya melainkan tanahnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: