PENGARUH KELOMPOK TERHADAP PERSEPSI, SIKAP, DAN PERILAKU

Pada suatu hari dalam kelompok masyarakat yang ada di lingkungan tempat tinggal saya mempunyai pendapat sikap dan tingkah laku yang berbeda-beda tentang pribadi, sikap, dan tingkah laku  seseorang. Dimana kelompok masyarakat menilai bahwa pribadi , sikap, dan tingkah laku  seseorang dapat dinilai secara baik dan buruk. Tapi menurut pendapat ornag lain berbada-beda . ada orang lain yang menganggap seseorang itu baik padahal orang tersebut mempunyai pribadi, sikap, dan tingkah laku yang buruk. Tapi ada juga orang lain mengganggap seseorang itu buruk padahal orang tersebut mempunyai pribadi, sikap, dan tingkah laku yang baik. Tanpa mereeka mengenal benar tentang orang tiu dan dikarenakan sekelompok masyarakat suka membicarakan kejelekan-kejelekan dan kebaikan-kebaikan orang tersebut.

Dalam kelompok masyarakat menilai bahwa orang tersebut di lingkungan masyarakatnya mempunyai sikap yang baik, yaitu suka menolong, sopan, suka beribadah atau soleh, dan suka bekerja keras tetapi masyarakat setempat hanya mengetahui orang tersebut mempunyai pribadi, sikap, dan tingkah laku dimasyarakat setempat saja. Tetapi mereka belum  tahu bahwa orang tersebut di lingkungan luar mempunyai pribadi, sikap, dan tingkah laku yang buruk, yaitu pemabuk, penjudi, dan suka merugikan orang lain. Tanpa mereka mengenal benar tentang orang itu dan dikarenakan sekelompok mnasyarakat suka membicarakan tentang kebaikan dia, maka perlahan-lahan masyarakat setempat mencurigai dan menyelidiki orang tersebut di lingkungan luar. Akhirnya masyarakat setempat setempat tahu bahwa pribadi, sikap, dan tingkah laku orang tersebut di lingkungan luar adalah buruk. Sedangkan pribadi, sikap, dan tingkah laku yang baik di masyarakat hanya untuk menutupi pribadi, sikap, dan tingkah lakunya di luar.

Lama-kelamaan semua kelompok masyarakat setempat mempunyai persepsi yang sama bahwa orang itu mempunyai pribadi, sikap, dan tingkah laku yang buruk, sedangkan pribadi, sikap, dan tingkah laku yang ada di lingkungan setempat hanya untuk menutupi pribadi, sikap, dan tingkah lakunya yang buruk.

Perbedaan persepsi mengenai menilai pribadi, sikap, dan tingkah laku seseorang itu menimbulkan sikap yang berbeda-beda, yaitu menilai pribadi, sikap, dan tingkah laku baik dan buruk. Sehingga dalam suatu kelompok yang sedikit akan mengikuti kelompok yang banyak dengan berpersepsi yang sama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: