RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Sekolah                                    : SMA

Kelas / Semester                     : X/1

Mata Pelajaran                       : BAHASA INGGRIS

Standar Kopetensi :

–          Berkomunikasi lisan dan tertulis mengunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancer dan actual dalam wacana interaksional dan/atau monolog terutama berkenaan dengan wacana narasi, prosedur, spoof, recount, report dan news item.

Kopetensi Dasar:

1.1  Mendengarkan

Memahami wacana interaksional dan interpersonal ringan tentang bagaimana melakukan sesuatu.

1.2  Berbicara

Mengungkapkan nuansa makna dalam wacana transaksional dan/atau monolog lisan.

1.3  Membaca

Memahami nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika di dalam teks tertulis.

1.4  Menulis

Mengungkapkan nuansa makna dengan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar di dalam teks tertulis.

Indikator

–          Menawarkan sesuatu (Offering something to someone)

Alokasi waktu              : 2 x 40 (1 pertemuan)

  1. Tujuan Pembalajaran
  2. Siswa dapat memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat ketrampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara,membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;

–          Siswa dapat memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk narasi, prosedur, spoof, recount, report dan news item. Gradasi bahasa ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika;

  1. Materi Pembelajaran: Procedure
  2. Model dan Metode Pembelajaran
  3. Model:             – Direct Instruction (ID)

– Cooperative Learning

  1. Langkah-langkah kegiatan
  2. Pertemuan Pertama
    1. Kegiatan Pendahuluan
      1. Motivasi:

-Guru menjelaskan materi,siswa mendengarkan.

2.   Prasyarat Pengetahuan

-Siawa dapat menawarkan sesuatu (Offering something to someone)

3.   Prasyarat eksperimen:

– Cara Offering something to someone

– Guru menyampaikan materi secara singkat

b. Kegiatan Inti

1. Guru menbimbing peserta didik dalam proses belajar.

2. Guru memberikan materi kepada peserta didik, serta memberikan contoh.

3. Peserta didik mendengarkan.

4. Peserta didik mengerjakan soal

5. Peserta didik mempresentasikan hasil kegiatan.

c. Penutup

1. Guru bersama-sama siswa melihat hasilnya.

2. Guru menginformasikan tentang procedure.

3. Guru memberi tes lisan.

4. Guru memberi tugas rumah.

  1. Sumber Belajar
  2. Buku bahasa inggris untuk SMA kelas X
  3. Buku-buku referensi yang relefan
  4. LKS
  5. Latihan soal sesuai LKS
    1. Penilaian Hasil Belajar
    2. Teknik penilaian          : Tes tertulis, tes unjuk kerja
    3. Bentuk instrument      : isian dan uji petik kerja prosedur
    4. Instrument soal:

Tes Uraian

–          Listening

The teacher will read a dialogue. Listen to it and complete the missing words.

Monica            : Would you like some coffe?

Aditya              : I’ll have (1)……….., please?

Satria               : (2)………..I’m trying to (3) …………on coffe.

Monica            : Here are some (4)……….

Help your self

Satria               : Oh, thank you. You’ve gone to (5)………..

Monica            : It was no (6)……….

–          Speaking

Read the dialogue carefully

  1. Alice          : Can I get you something to drink?

Feni           : I’d love cup of coffee, thanks.

Alice          : Sure. How do you like it?

Feni           : Black with sugar, please.

Alice          : Right, and how about you, Marta?

Marta        : Could I have cold drink, please.

Alice          : How about orange juice?

Marta        : That would be fine.

Answer the question based on the text

  1. What does Feni want to drink?

……………………………………………..

  1. What coffee does she like?

……………………………………………

–          Reading

All around world, people drink tea. But tea doesn’t mean the same thing to everyone. In different countries, people have very different ideas drinking tea. In China, for example, tea is always served when people get together. The Chinese drink it at any time of day, at home, or in tea house. They prefer their tea plain, with nothing else in it.

Answer the questions

  1. Does the tea mean the same thing to everyone?

…………………………………………………………………..

  1. When do Chinese drink tea?

……………………………………………….

–          Writing

Write a short dialogue telling about offering something to tea and drink. If anyone declines an offer, try offering him/her something else.

A : ……………………………………………….

B : ……………………………………………….

A : ……………………………………………….

B : ……………………………………………….

Contoh uji petik kerja prosedur

Rubrik

No Aspek Scor
1

2

3

4

Listening

Speaking

Reading

Writing

2

2

2

2

8
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: