RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKONOMI

Standar Kopetensi :

Kemampuan memahami perilaku pelaku ekonomi dalam kaitan dengan kelangkaan dan pengalokasian sumber daya dan barang melalui mekanisme pasar.

Kopetensi Dasar:

Kemampuan menganalisih permasalahan ekonomi dan pemecahannya berdasarkan system ekonomi yang berlaku.

Indikator

–          Mengidentifikasi barang apa

–          Bagaimana cara memproduksi

–          Untuk siapa barang diproduksi

Alokasi waktu              : 2 x 40 (1 pertemuan)

  1. Tujuan Pembalajaran
  2. Siswa dapat mengidentifikasi barang apa.
  3. Siswa dapat mengetahui bagaimana cara memproduksi.
  4. Siswa dapat mengetahui untuk siapa barang di produksi.
    1. Materi Pembelajaran: tiga masalah pokok ekonomi
    2. Model dan Metode Pembelajaran
    3. Model:             – Direct Instruction (ID)

– Cooperative Learning

  1. Langkah-langkah kegiatan
  2. Pertemuan Pertama
    1. Kegiatan Pendahuluan
      1. Motivasi:

-Guru menjelaskan materi, siswa mendengarkan.

2.   Prasyarat Pengetahuan

Siswa dapat menganalisih permasalahan ekonomi dan pemecahannya                                           berdasarkan sistem ekonomi yang berlaku.

3.   Prasyarat eksperimen:

– Cara mengidentifikasi barang apa, bagaimana cara memproduksi, untuk siapa barang di produksi.

– Guru menyampaikan tujuan secara singkat

b. Kegiatan Inti

1. Guru menbimbing peserta didik dalam proses belajar.

2. Guru memberikan materi kepada peserta didik, serta memberikan contoh.

3. Peserta didik mendengarkan.

4. Peserta didik mengerjakan soal

c. Penutup

1. Guru bersama-sama siswa melihat hasilnya.

2. Guru menginformasikan tentang permasalahan ekonomi.

3. Guru memberi tes lisan.

4. Guru memberi tugas rumah.

  1. Sumber Belajar
  2. Buku Ekonomi untuk SMA kelas X
  3. Buku-buku referensi yang relefan
  4. LKS
  5. Latihan soal sesuai LKS
  1. Penilaian Hasil Belajar
  2. Tehnik penilaian         : Tes tertulis, tes unjuk kerja
  3. Bentuk instrument      : isian dan uji petik kerja prosedur
  4. Instrument soal:

Tes Uraian

Kerjakan tugas berikut denagn benar!

Diskusikan dengan teman-teman Anda, bagaimanakah sebaiknya strategi perusahaan agar tiga masalah pokok ekonomi, yaitu what, how dan for whom yang dihadapi perusahaan dapat terselesaikan dengan baik, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan yang maksimal?

Jawab:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Contoh uji petik kerja prosedur

Rubrik

No Aspek Scor
1

2

3

4

Diskusi

Melakukan pemecahan masalah

Memperoleh data dari kegiatan

Membuat kesimpulan

2

2

2

2

8
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: