RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                        : SMP Muhammadiyah 8 Karanggede

Kelas / Semester         : VII/1

Mata Pelajaran           : IPA

Standar Kopetensi :

3. Memahami wujud zat dan perubahannya

Kopetensi Dasar:

3.2. Mendiskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari

Indikator

  1. Mengukur massa dan volum zat padat dan zat cair dengan benar.
  2. Menghitung massa jenis.
  3. Menunjukan bahwa massa jenis adalah salah satu cirri khas suatu zat.

Alokasi waktu              : 2 x 40 (1 pertemuan)

  1. Tujuan Pembalajaran
  2. Siswa dapat mengukur massa dan volum zat padat dan zat cair dengan tepat dan benar.
  3. Siswa dapat menghitung massa jenis zat padat dan zat cair dari hasil pengukuran.
  4. Siswa dapat mengidentifikasi zat berdasarkan massa jenisnya.
  5. Siswa dapat menuliskan hubungan antara massa jenis, massa dan volum.
  6. Siswa dapat menjelaskan bahwa massa jenis merupakan salah satu ciri khas suatu zat.
  7. Siawa dapat menghitung massa jenis bila massa dan volumenya diketahui
    1. Materi Pembelajaran: massa jenis zat
  1. Model dan Metode Pembelajaran
  2. Model:             – Direct Instruction (ID)

– Cooperative Learning

  1. Langkah-langkah kegiatan
  2. Pertemuan Pertama
    1. Kegiatan Pendahuluan
      1. Motivasi:

-Guru memodelkan mencampurkan minyak tanah dengan air, siswa mengamati. Dapatkah air dan minyak tanah mencampur?

2.   Prasyarat Pengetahuan

Siswa dapat mengukur massa dan volume zat

Siswa dapat menyebutkan satuan massa dan satuan volum

3.   Prasyarat eksperimen:

– Cara mengukur massa dan volum

– Guru menyampaikan tujuan secara singkat

b. Kegiatan Inti

1. Guru menbimbing peserta didik dalam membentuk kelompok.

2. Guru memodelkan menimbang massa dan volum.

3. Peserta didik menimbang massa kubus besi, kubus aluminium, dan kubus kayu, minyak tanah dan air.

4. Peserta didik mengukur volum kubus besi, kubus aluminium, kubus kayu, minyak tanah dan air.

5. Peserta didik memasukan data pengukuran kedalam tabel.

6. Peserta didik membandingkan antara massa dan volum benda-benda tersebut.

7. Peserta didik mempresentasikan hasil kegiatan.

c. Penutup

1. Guru bersama-sama siswa melihat hasilnya.

2. Guru menginformasikan bahwa hasil bagi massa dan volume disebut massa jenis.

3. Guru memberi tes lisan tentang massa jenis.

4. Guru memberi tugas rumah untuk menghitung massa jenis.

  1. Sumber Belajar
  2. Buku Fisika untuk SMP kelas 7
  3. Buku-buku referensi yang relefan
  4. LKS
  5. Alat dan bahan percobaan sesuai LKS
    1. Penilaian Hasil Belajar
    2. Teknik penilaian          : Tes tertulis, tes unjuk kerja
    3. Bentuk instrument      : isian dan uji petik kerja prosedur
    4. Instrument soal:

Tes Uraian

Dari hasil pengukuran didapat massa 540 gram dan volume 200cm3 maka berapakah massa jenisnya

Kunci:

Diketahui:        m= 540gr

V= 200cm3…………………..                      Scor 1

Ditanyakan: p

Jawab : p = m/v             …………………..                        Scor 1

= 540/200

= 2,7 gr/cm3 …………………..                       Scor 2

______________________________________­­­­___

Jumlah scor                               4

Contoh uji petik kerja prosedur

Rubrik

No Aspek Scor
1

2

3

4

Ketepatan memilih alat ukur

Melakukan pengukuran dengan benar

Memperoleh data dari kegiatan

Membuat kesimpulan

2

2

2

2

8
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: