TUGAS MATA KULIAH PENELITIAN PENDIDIKAN

  1. Apakah dalam melakukan penelitian kita perlu membuat prososal terlebih dahulu? Alasan?

Ya, karena proposal berisikan hal-hal yang menyangkut arah dari suatu penelitian. Misalkan: latar belakang masalah berisikan tentang alasan “mengapa penelitian dilakukan”, tujuan: untuk menentukan tujuan secara kongkrit agar penelitian tidak mengarah kemana-mana atau penelitiannya lebih fokus, manfaat: agar penelitian dapat bermanfaat bagi semua kalangan, teori: untuk memperkuat penelitian yang telah diteliti, metode: untuk mempermudah kita melakukan penelitian (tata cara atau alat ukur untuk melakukan penelitian).

  1. Manfaat dilakukannya PTK bagi guru, siswa, sekolah dan instansi pendidikan?

Bagi siswa: siswa dapat mambaca berbagai penetian PTK yang menyangkut proses belajar mengajar, misalnya: dapat membaca bagaimana cara meningkatkan kesulitan belajar

Bagi guru: akan mempermudah seorang guru untuk mengajar, karena PTK mengupas segala hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.

Bagi sekolah: akan mempermudah sekolah untuk mengelola organisasi yang ada di dalamnya (akan mempermudah pihak sekolah apabila terjadi masalah yang rumit di sekolahan tersebut).

Bagi instansi pendidikan: akan mempermudah instansi pendidikan untuk mengecek kelebihan dan kelemahan yang ada dalam proses belajar mengajar.

  1. Seberapa penting seorang guru atau calon guru mengerti dan mampu melaksanakan PTK?

Penting, karena jika seorang guru atau calon guru paham atau mampu melakukan PTK akan mempermudah seorang guru untuk mengajar, karena PTK mengupas segala hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.

  1. Apa yang dimaksud: a) latar belakang masalah, b) rumusan masalah, c) tujuan penelitian, d) manfaat. (tulislah 2 buku atau sumber pustaka yang mendasari pendapat saudara)?
    1. Latar belakang masalah: hal-hal yang melatarbelakangi suatu penelitian. Latar belakang masalah merupakan uraian singkat tentang keadaan, isu-isu, data, fakta yang dapat dijadikan alasan untuk melakukan penelitian dengan judul tertentu (judul yang menarik atau layak untk diteliti)
    2. Rumusan masalah: masalah-masalah yang akan diungkap atau dibahas dalam penelitian. Dan pertanyaan dari masalah-masalah yang ada dirumusan masalah itu akan dicari jawabannya dari melakukan penelitian.
    3. Tujuan penelitian: berisikan pernyataan, yang berisikan tentang hal-hal yang ingin diungkap atau dihasilkan dari penelitian. Tujuan penelitian didapatkan dari rumusan masalah atau masalah yang akan diungkap.
    4. Manfaat penelitian: suatu pernyataan yang berisikan tentang guna atau manfaat seorang peneliti melakukan penelitian, penelitian itu dibuat agar dapat bermanfaat bagi yang membaca.

Referessi:  – Prosedur Penelitian (Totok Mardikanto)

–   Metodologi Peneliti Kuantitatif (Prof. Dr. H. M. Burhan Bangun, S. Sos., M. Si.

–   Metode Penelitian ( Moh. Nazir, Ph. D)

  1. Tulis judul PTK, a) latar belakang masalah, b) rumusan masalah, c) tujuan penelitian, d) manfaat penelitian?
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: