PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI USAHA PEMBUATAN SUPLEMEN PAKAN TERNAK (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Boyolali)

Saat ini salah satu kegiatan pemberdayaan tengah berlangsung di Desa Gedangan, Cepogo, Boyolali. Desa Gedangan letaknya tidak terlalu jauh dari kota kecamatan, namun desa ini memiliki keterbatasan untuk mengakses fasilitas ekonomi yang ada. Penduduk Desa Gedangan sebagian besar adalah petani dengan hasil pertanian utama adalah tembakau. Hampir setiap keluarga di Desa Gedangan beternak sapi, dan menanam jagung sebagai pakan ternaknya. Selain sebagai pakan ternak, jagung juga dimanfaatkan oleh warga sebagai cadangan makanan pada masa paceklik. Oleh karenanya, hampir semua warga desa memiliki tanah yang ditanami jagung walaupun dengan luasan yang tidak begitu luas.

Hambatan-hamabatan yang ada ternyata tidak membuat semangat warga Desa Gedangan untuk maju dan berkarya. Terbukti dengan adanya usaha pembuatan suplemen pakan ternak yang didirikan secara kelompok oleh warga di sana. Dalam usaha pembuatan suplemen pakan ternak tersebut mereka juga dibantu oleh berbagai pihak. Salah satu pihak yang membantu adalah Yayasan Duta Awam (YDA). Dalam membantu usaha pembuatan suplemen pakan ternak, YDA berperan sebatas fasilitator. Sebagai fasilitator YDA berusaha membantu petani dengan mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya.

Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Download LINK di bawah ini :

http://www.ziddu.com/download/9674154/SUPLEMENPAKANTERNAKPENDAHULUAN.rtf.html

http://www.ziddu.com/download/9674185/SUPLEMENPAKANTERNAKLANDASANTEORI.rtf.html

http://www.ziddu.com/download/9674217/SUPLEMENPAKANTERNAKBABIII.doc.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: