Tertawa, Hilangkan Stres

PEMARAH, mudah letih, nyeri lambung, sakit kepala, impotensi (khusus pria), sakit punggung, diare, dan susah tidur merupakan beberapa ciri dari sekian banyak tanda-tanda orang yang mengalami stres. Stres memang dapat mengganggu kesehatan fisik seseorang. Bila stres yang diderita akut dan berat, tubuh bisa terserang depresi, gangguan jantung dan stroke.

Stres dapat ditimbulkan oleh beberapa sebab dan setiap orang memiliki penyebab yang berbeda-beda dari stres yang dialaminya. Setiap orang pun memiliki metode berbeda-beda dalam menanggulangi stres yang dialaminya.

Belakangan ini telah populer suatu metode “Manajemen Stres” yang dikenal dengan sebutan Escape from Stress (EFS). Dengan menggunakan metode tersebut, kita dapat terbebas dari efek buruk stres, bahkan justru mendapatkan manfaatnya. Menurut beberapa dokter yang menjalankan EFS pada para pasiennya yang mengalami stres, metode ini melatih kita “berdamai” dengan stres. EFS dirancang agar kita dapat mengubah perilaku dan mempelajari stres. Dengannya kita dapat mengurangi efek buruk stres dan berada dalam keadaan “optimum”, yaitu keadaan seseorang dapat mengimbangi dan mengatasi stres-nya dengan wajar. Di dalam program EFS, kita akan belajar bagaimana stres datang, apa akibatnya, dan mencari cara yang efektif untuk menghindari dan menghadapinya. Ada banyak teknik yang dikembangkan dalam program EFS, antara lain ; teknik relaksasi, latihan pernapasan dada dan perut, meditasi medis, serta terapi tertawa.

Terapi tertawa merupakan teknik yang mudah dilakukan, tetapi efeknya sangat luar biasa, bahkan dapat menyembuhkan pasien dengan gangguan mental akibat stres berat. Tertawa dalam dunia medis, merupakan obat mujarab gangguan stres, atau gangguan penyakit lainnya. Orang yang mudah tertawa, akan lebih cepat sembuh dari sakitnya, daripada mereka yang banyak mengeluh, apalagi menangis.

Tertawa membuat otak menekan kita untuk melakukan dua hal yang simultan. Pertama adalah visual, yaitu gerakan muka khusus. Yang kedua, adalah phonic, yaitu mengeluarkan bunyi tertentu. Selama tertawa, ada banyak perubahan dalam bagian tubuh termasuk tangan, kaki dan otot. Tertawa membantu melepaskan emosi dan ketegangan. Orang sering menyimpan emosi dari pada mengeluarkannya saat marah, takut, sedih, stres atau bosan. Tertawa merupakan cara lain untuk menemukan jalan keluar dari ketegangan-ketegangan tersebut.

Pada saat tertawa, lima belas otot muka berkontraksi dan mendapatkan rangsangan efektif pada sebagian besar otot mulut. Bahkan dalam keadaan tertentu, pembuluh air mata terangsang sehingga selagi mulut terbuka dan tertutup, ada suatu dorongan untuk mengisap udara yang cukup, sehingga muka memerah dan mata berair.

Dari banyak pengalaman, telah terbukti bahwa tertawa merupakan “mesin terbaik” untuk menghilangkan stres. Penelitian medis menunjukkan adanya pengaruh psikologi pada tertawa terhadap kesehatan. Rasa humor akan masuk dengan mudah “mengobati” sakit, tekanan hidup sehari-hari, stres, atau rasa penat setelah bekerja. Rasa humor dapat secara dramatis mengubah kualitas dan pandangan hidup kita. Rasa humor merupakan suatu cara yang mudah untuk mengenali perasaan, dan mengontrolnya dalam situasi sulit.

Beberapa dampak psikologi tertawa terhadap tubuh, adalah sebagai berikut :

Mengurangi stres

Tertawa akan mengurangi tingkat stres tertentu dan menumbuhkan hormon penyeimbang yang dihasilkan saat stres. Dalam keadaaan stres, akan dihasilkan hormon yang menekan sistem kekebalan, sehingga meningkatkan jumlah platelet (sesuatu yang dapat menyebabkan gangguan dalam arteri) dan meningkatkan tekanan darah. Dengan tertawa, hormon stres dapat diimbangi sampai tingkat tertentu.

Meningkatkan kekebalan

Tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan karena tertawa pada dasarnya membawa keseimbangan pada semua komponen dalam sistem kekebalan tubuh.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Tertawa dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen dalam darah, yang dapat membantu pernapasan.

Mencegah penyakit

Tertawa dipercaya mampu mencegah penyakit, seperti penyakit jantung, karena marah dan takut yang merupakan emosi penyebab serangan jantung dapat diatasi dengan tertawa. Karena tertawa itu sehat, tertawalah selagi kita masih bisa tertawa, tetapi tentu saja tertawa yang ada sebabnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: