ANALISIS GLOBAL DARI SISTEM PEMANGSA-MANGSA DENGAN RESPON FUNGSIONAL MICHAELIS-MENTEN

Model mangsa-pemangsa dengan respon fungsional Michaelis-Menten menjelaskan suatu ekosistem yang terdiri dari tiga komponen yaitu tanaman, mamalia kecil dan karnivora pemakan mamalia kecil. Keseimbangan ekosistem ini dapat dikontrol jika persediaan tanaman memadai. Kestabilan global di dalam sistem mangsa-pemangsa menjadi masalah sistematis yang menarik. Jika dalam sistem tersebut tercapai kestabilan, kelangsungan hidup mangsa dan pemangsa dapat dipertahankan.

Pada penelitian ini akan ditentukan syarat cukup kestabilan global dari sistem mangsa-pemangsa dengan respon fungsional Michaelis-Menten beserta interpretasi biologinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teoritis-simulasi, dengan cara mempelajari karya-karya ilmiah yang telah dihimpun, yang merupakan materi penelitian. Selanjutnya, hasil penelitian dituangkan dalam bentuk teorema dan lemma serta simulasi numerik.

Sebagai kegiatan analisis hasil penelitian dilakukan diskusi atau seminar dengan para pakar terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kestabilan global : (a) di titik kesetim-bangan tercapai pada interval ; (b) di titik kesetimbangan dengan dan tercapai pada interval untuk suatu . Kestabilan global memberikan interpretasi bahwa kehidupan ekosistem dalam keadaan terkendali secara luas dalam waktu yang tak terbatas.

1 Response so far »

  1. 1

    rina said,

    bisa tolong dikirimkan code simulasi numeriknya menggunakan program matlab


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: