Analisis Miskonsepsi Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika

Tujuan ini adalah membuat deskripsi tentang karakter miskonsepsi siswa Sekolah Dasar di kecamatan Wonosari kabupaten Klaten, pada materi geometri. Sedemikian hingga diharapkan dalam pelaksanaannya dari karakter miskonsepsi yang diperoleh dapat digunakan sebagai acuan baik untuk siswa maupun guru dalam mengatasi adanya miskonsepsi tersebut.

Sejalan dengan tujuan tersebut, alternatif pendekatan yang digunakan adalah studi deskriptif, yaitu untuk menjelaskan atau menganalisis miskonsepsi yang terjadi pada siswa dalam mengerjakan soal berdasarkan data yang diperoleh. Subyek dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas V dari 5 Sekolah Dasar yang dipilih secara random dari 41 Sekolah Dasar di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten. Kelima Sekolah Dasar yang terpilih sebagai subyek penelitian adalah SDN Bener I, SDN Gunting I, SDN Sidowarno II, SDN Jelobo III dan SDN Kingkang II.

Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik triangulasi dengan membandingkan data hasil observasi, hasil wawancara dan hasil tes. Hasil penelitian ini adalah terjadinya miskonsepsi untuk materi geometri pada pokok bahasan bangun datar yang mencapai 39.33% dari total responden, dengan perincian : konsep teoritikal (47.57 %), konsep klasifikasional (27.67%) dan konsep korelasional (24.76%).

Penyebab terjadinya miskonsepsi siswa untuk materi geometri pada pokok bahasan bangun datar antara lain : 1) Dalam penyampaian materi, guru kurang menekankan pada penguasaan konsep. 2)Guru kurang variatif dalam memberikan contoh soal atau latihan dan jarang sekali mengkaitkan pada masalah kontekstual. 3) Siswa cenderung menghafal rumus dalam mempelajari geometri.. 4) Kurang aktifnya siswa dalam berlatih mengerjakan soal-soal latihan yang variatif.

4 Tanggapan so far »

  1. 1

    pie said,

    di atas abstrak dari sebuah jurnal ya??
    bisa lihat jurnal lengkapnya tidak?
    mau buat data proposal saya,,
    terimakasih..

    • 2

      Athier_Galesong said,

      Saya juga ingin membahas miskonsepsi pada materi bangun datar tp sejauh ini belum banyak literatur yg saya dapat !! apakah saya bisa mendapatkan literatur dari penulis blog ini ?? untuk menambah daftar pustaka saya diTesis ??
      Trima kasih apabilah ingin membantu !

      • 3

        rere jogja said,

        Boleh minta daftar buku-buku tentang miskonsepsi untuk literatur penelitian saya.terimakasih sebelumnya.

  2. 4

    dafrinal said,

    dimana sumber dan buku apa tentang miskonsepsi siswa??? da skripsinya gk?? pada siswa matematika siswa smp?? bisa tolong krimin gk??


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: