DETEKSI DETONASI MOTOR BAKAR OTTO/BENSIN DENGAN PENGAMATAN POLA GETARAN DAN PENENTUAN DERAJAT/WAKTU PENGAPIAN MENGGUNAKAN SISTEM KONTROL FUZI (FUZZY CONTROL) DAN METODE ARTIFICIAL NEURAL NETWORK/ANN

Pengendalian sistem konvensional atas waktu pengapian sudah tersedia, yaitu dengan mekanisme governor dan vakum, namun pengendalian ini kurang optimal.

Bila pengapian diatur maju akan timbul detonasi dan bila diatur mundur menjadi boros bahan bakar. Maka sistem pengapian konvensional perlu dilengkapi dengan kontrol elektronis guna memberikan koreksi atas waktu pengapian yang diberikannya, agar menjadi tepat.

Koreksi ini didasarkan pada peta karakteristik mesin yang bersangkutan, yang kemudian disimpan dalam memori kontroler mikro, guna kalkulasi dan koreksi yang dimaksud. Kalkulasi dan pengambilan keputusan sistem koreksi ini didasarkan pada logika fuzi.

Dengan sistem pengapian kombinasi, pemberian waktu pengapian yang tepat, dapat dilakukan dengan cara tanpa merubah konstruksi mesin, tanpa merubah setelan, dapat dipasang dengan mudah dan sewaktu-waktu dapat diaftikan atau dimatikan.

Masalah detonasi dapat teratasi dan prestasi mesin pada umumnya menjadi lebih besar, atau lebih efisien. Dengan keberhasilan ini, berarti telah ditemukan sistem pengapian baru pada motor Otto, yaitu sistem pengapian kombinasi, sistem pengapian konvensional yang dipadukan dengan sistem kontrol fuzi. Hasil analisa frekunsi menghasilkan pola dasar getaran mesin yang berbeda berbeda antara kondisi detonasi dengan normal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: