Model dan Pendekatan Fuzzy Logic Untuk Program Pemeliharaan Jembatan Beton

Evaluasi kondisi eksisting jembatan merupakan bagian paling penting dari program pemeliharaan dan masih seringkali bergantung dengan tingkat yang sangat besar pada pengalaman, judgement dan fleksibilitas insinyur jembatan, sehingga melahirkan problem yang serius akibat sifat subyektivitas penilaian.

Dalam proses pengambilan keputusan untuk menentukan tipe perbaikan yang dibutuhkan untuk jembatan beton, salah satu parameter kunci adalah condition rating. Keandalan parameter ini bergantung pada keandalan dan akurasi informasi yang disediakan inspektor jembatan, yang seringkali dipengaruhi impresisi dan opini (bias) personal. Oleh karenanya perlu disediakan prosedur sistematis untuk mereduksi kelemahan ini.

Metode yang dapat digunakan untuk menyusun logika evaluasi kondisi jembatan beton bertulang secara cepat adalah indeks kinerja. Metode ini mengintrodusir konsep evaluasi kuantitatif kinerja beton dalam rangka mengimplementasikan perangkingan yang cepat kondisi keseluruhan jembatan beton berdasarkan tanda-tanda distress, cacat, dan mengaplikasikan pembobotan berbasis severity dan extent dari tanda-tanda visual. Logika fuzzy menyediakan cara alami untuk berhubungan dengan problem yang tidak memiliki sumber presisi karena ketiadaan kriteria yang terdefinisi dengan tajam dari suatu kelas (class) keanggotaan himpunan.

Himpunan fuzzy sendiri adalah suatu kelas obyek-obyek dengan keanggotaan yang memiliki kontinum gradasi (continuum of grades of membership). Dalam proses inspeksi jembatan, inspektor seringkali harus menilai tingkat keparahan (serevity) suatu cacat visual dengan “parah” atau “tidak parah”.

Pada himpunan ruang non fuzzy respons inspektor hanyalah satu diantara kondisi diatas, kalau jawabannya bukan “parah”, ya tentu “tidak parah” adalah jawabnya. Tetapi dalam ruang fuzzy dimungkinkan bagi inspektor untuk mengkuantifikasi tingkat signifikansi diantara “parah” hingga “tidak parah” dengan suatu nilai numerik (numerical rating). Piranti lunak yang dihasilkan dapat menjadi cost – time effective rapid information untuk evaluasi teknis pemeliharaan jembatatan beton bertulang. Sekaligus, software ini dapat memberi rekomendasi dan atau second opinion untuk mendukung executive decisions pemeliharaan jembatatan beton bertulang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: