Pembelajaran Numerik Berbasis Web Interaktif Menggunakan MATLAB Webserver

Aplikasi berbasis web memberikan kemudahan akses informasi karena memungkinkan setiap orang di dunia dapat mengakses informasi yang diinginkan kapan saja dan dimana saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Salah satu pemanfaatan aplikasi berbasis web yaitu digunakan sebagai media pembelajaran. Manfaat utama yang diperoleh hal ini yaitu kemudahan siswa dalam mengakses informasi setiap saat dan dimana saja, sehingga tidak hanya mengandalkan tatap muka di kelas.

Pembelajaran numerik menggunakan MATLAB sebagai alat bantu komputasi tentunya tidak menjadi masalah dan akan efektif apabila dilaksanakan dalam ruang laboratorium komputer yang setiap komputernya sudah terinstal MATLAB. Selain itu waktu, ruang, dan jumlah komputer yang disediakan juga cukup memadai. Namun dalam kenyataannya tentu saja waktu, ruang, sarana dan prasarana dalam kelas atau laboratorium komputer adalah terbatas.

Hal ini dapat menjadikan ketidakefektifan proses pembelajaran. Pada penelitian ini telah dikembangkan aplikasi berbasis web yang menggunakan MATLAB webserver untuk pembelajaran numerik sebagai alat bantu untuk komputasi. Dengan adanya aplikasi ini, akan dapat mengefisiensikan biaya dan juga waktu dalam operasional pembelajaran. Selain itu, manfaat dari aplikasi ini adalah memungkinkan siswa mampu menggali lebih banyak tentang konsep numerik karena eksperimen numerik dapat dengan mudah dilakukan serta didukung dengan representasi grafik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: