PEMBERDAYAAN MASYARAKAT LOKAL DALAM PENGEMBANGAN WISATA ALAM BERBASIS INTERPRETASI UNTUK MENDUKUNG PELESTARIAN FUNGSI LINGKUNGAN HIDUP

Penelitian ini bertujuan untuk menemukenali daya tarik dan kegiatan wisata alam yang terdapat di wilayah Kabupaten Boyolali, mengetahui strategi pengelolaan daya tarik wisata alam yang telah dilakukan selama ini, mengidentifikasi kelemahan dan kendala dalam pengelolaan daya tarik wisata alam di wilayah Kabupaten Boyolali agar dapat mendukung kelestarian fungsi lingkungan hidup, mengetahui keterlibatan masyarakat lokal (masyarakat setempat) dalam pengelolaan daya tarik wisata alam yang terdapat di Kabupaten Boyolali, serta mengetahui sejauh mana masyarakat setempat telah dilibatkan dalam penyampaian interpretasi kepada wisatawan guna mendukung pengelolaan daya tarik wisata alam secara ramah lingkungan di wilayah Kabupaten Boyolali.

Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Kabupaten Boyolali dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut memiliki beberapa objek dan daya tarik wisata (ODTW) alam yang potensial dan dapat dikembangkan untuk mendukung pengembangan ekonomi wilayah dan ekonomi masyarakat setempat pada khususnya serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Populasi penelitian adalah semua pelaku yang terkait dengan pengembangan wisata alam di Kabupaten Boyolali. Teknik cuplikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan snowball. Sumber data terdiri atas data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan simak.Data akan dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif dan analisis 4A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Aktifitas).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: