Penerapan Metode Pembelajaran Peta Konsep Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Trigonometri Siswa Kelas XI SMA

Inti permasalahan pada kompetensi materi pokok trigonometri kelas XI SMA adalah bagaimana siswa menyelesaikan soal-soal trigonometri dengan menerapkan rumus-rumus yang ada. Namun di pihak lain, kenyataan menunjukkan bahwa masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri.

Metode pembelajaran peta konsep merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika sehingga lebih memudahkan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal trigonometri. Pada pembelajaran peta konsep, siswa akan menemukan hubungan antar konsep dengan cara memvisualisasikan secara terstruktur kaitan antar konsep sehingga lebih bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XI SMA dalam menyelesaikan soal trigonometri.

Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Weru Sukoharjo tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan tindakan kelas yang terbagi dalam 3 siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran peta konsep, kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai siswa di atas 70 dari siklus ke siklus berikutnya selalu mengalami peningkatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: