PERANCANGAN DAN PEMBUATAN FIBER OPTIK DARI PADUAN BAHAN GLASS-POLIMER (SAMPAH PLASTIK) UNTUK HYBRID SOLAR LIGHTING

Pada tahun pertama ini kemungkinan bahan plastic dari berbagai jenis untuk dapat dibuat menjadi fiber optic. Pasangan core dan cladding dapat ditentukan dengan cara murah yaitu dengan menggunakan pengukuran refractive index.

Bahan dengan index bias tinggi dijadikan sebagai core dan yang rendah sebagai cladding. Pengukuran transmisi bahan di daerah UV hingga inframerah menjukkan bahwa bahan plastic mempunyai spectrum transmisi yang memungkinkan ia dapat dilalui hampir semua bagian spectrum utama cahaya matahari.

Sebagai pendukung utama kegiatan pembuatan fiber optic, alat berupa spin caster telah berhasil dibuat dan telah diujicobakan untuk membuat bakal cladding. Dari experiment, bakal cladding dari bahan pmma cair yang dibuat dengan sumbu mold mendatar memiliki diameter yang lebih seragam bila dibandingkan dengan yang dibuat dengan posisi sumbu miring.

Saran yang perlu dibawa untuk kerja pada tahun berikunya adalah perlunya dibuat alat pengukur index bias yang tidak dengan menggunakan monobromonaphtaline yaitu dengan menggunakan lewat pengukuran sudut Brewster.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: