Rekayasa Beton Serat Performa Tinggi dengan Serat Baja Multi Dimensi

Penelitian ini berupa kajian bahan beton mutu tinggi berserat dengan mencoba mencari korelasi nyata penggunaan serat dalam beton mutu tinggi. Beton mutu tinggi mempunyai sifat yang selalu dihindari para pemakai yaitu: bersifat sangat brittle. Serat diharapkan akan membuat beton lebih daktail, penyerapan energi lebih besar sehingga dapat dihindari keruntuhan tiba dan bersifat explosif.

Hasil lain tentunya adalah meningkatkan mutu beton, juga meningkatkan sifat-sifat mekanik bahan beton mutu tinggi. Menggunakan metode experiemen dalam penelitian ini, diuji sampel silinder 15×30 cm untuk penelitian dan pengujian kuat desak (fc), kuat tarik belah (fsp), modulus elastisitas (E), poisson ratio (v) dan balok 15x15x60 cm3 untuk pengujian Modulus of Rupture (MOR). Semua pengujian dilakukan dalam laboratorium bahan, sebelum pengujian terlebih dahulu dikaji rancang campur yang akan digunakan untuk membuat beton mutu tinggi sebagai bahan pembuatan benda uji.

Hasil pengujian menunjukkan terjadi kenaikan sampai dengan 19% untuk kuat tekan beton yang diberi perkuatan serat baja dimensi campuran panjang serat 2,5 cm dan 5 cm. Kenaikan modulus elastisitas (E) juga terlihat signifikan dengan menggunakan beberapa metode analisis menunjukkan kenaikan meskipun besarannya bervariasi antara satu metode dengan yang lainnya. Kurva tegangan regangan juga menunjukkan beton berserat lebih mampu berdeformasi atau lebih daktail, kemampuan menyerap energi juga lebih baik sehingga keruntuhan secara explosif dapat dihindarkan.

Hasil pengujian kuat tarik belah (split tensil estrength) dan MOR (fexurale strength) sangat baik melebihi hasil pengujian pada beton mutu tinggi tanpa serat dan juga hasil perhitungan rumus empiris. Hal mengindikasikan bahwa beton mutu tinggi mempunyai properti mekanik yang sangat baik dan akan sangat menguntungkan bila digunakan untuk mendukung elemen struktur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: