Strategi Pengembangan Perumahan bagi Masyarakat Miskin & Menegnah di Perumahan Sapen raya Mojolaban Sukoharjo JATENG (Sebuah analisi Sustainable Urban Neighbourhood -based )

Penelitian ini merupakan suatu usaha untuk mengkaji persoalan-persoalan di bidang pembangunan perumahan yang masih sangat relevan pada saat sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kenyamanan dan tingkat kohesivitas komunitas warga perumahan dimana pengembang dalam membangun perumahan tidak boleh semata-mata mendasarkan pada aspek fisik saja. Namun dalam membangun perumahan pengembang harus pula memperhatikan aspek sosial budaya, ekonomi, pendidikan, keagamaan dan rekreasi.

Pembangunan perumahan yang mendasarkan pada prinsip Sustainable Urban Neighborhood-based akan dapat menghindari terjadinya konflik dan disintegrasi antar bangsa Secara lebih spesifik tujuan penelitian ini adalah, pertama, untuk mendiskripsikan dan menjelaskan struktur pembangunan perumahan bagi masyarakat miskin dan menengah di perumahan Sapen Raya Mojolaban Sukoharjo Jawa Tengah. Kedua, untuk menjelaskan ciri-ciri pembangunan perumahan bagi masyarakat miskin dan menengah di perumahan Sapen Raya Mojolaban Sukoharjo Jawa Tengah. Ketiga, untuk menyajikan strategi pembangunan perumahan bagi masyarakat miskin dan menengah di perumahan Sapen Raya Mojolaban Sukoharjo Jawa Tengah yang berdasarkan pada prinsip Sustainable Urban Neighborhood.

Populasi dalam penelitan ini ialah seluruh wilayah perumahan Sapen Raya Sapen Mojolaban Sukoharjo Jawa Tengah. Adapun sampelnya adalah sebagian dari rumah yang ada di wilayah perumahan tersebut. Dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Struktur pembangunan rumah Perumahan Sapen raya Mojolaban Sukoharjo relatih masih kecil-kecil. Sebagian besar warga perumahan menempati bangunan rumah bertipe ukuran 36 dengan luas tanah seluas 90 m2. Bangunan rumah Perumahan Sapen raya Mojolaban Sukoharjo masih relatif sederhana. Terlihat dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, ruang mandi, dan juga ruang dapur rata-rata masih sangat sempit dan sederhana sekali.

Strategi warga Perumahan Sapen Raya Mojolaban Sukoharjo dalam usaha mempunyai rumah dilakukan dengan cara mengangsur uang ke pengembang. Uang angsuran biasanya diperoleh dari sisa usaha atau kerja. Bahkan ada warga yang harus meminjam kepada keluarga untuk dapat mengangsur angsuran rumahnya. Pembangunan perumahan Sapen raya Mojolaban Sukoharjo telah memperhatikan prinsip sustainable urban neighborhood, artinya bahwa pihak pengembang tidak hanya mendasarkan aspek fisik saja dalam membangun perumahan ini. Namun pengembang telah memperhatikan aspek lain seperti: sosial budaya, ekonomi, pendidikan, keagamaan dan rekreasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: