PENGARUH ASIMETRI INFORMASI TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN SISTEM PERDAGANGAN DUA PAPAN DI BURSA EFEK JAKARTA DAN INDIKASI MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN

Pengaruh asimetri informasi terhadap hubungan antara penerapan sistem perdagangan dua papan di Bursa Efek Jakarta dan indikasi manajemen laba pada perusahaan perbankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ada pengaruh asimetri informasi terhadap hubungan antara penerapan sistem perdagangan dua papan di Bursa Efek Jakarta dan indikasi manajemen laba pada perusahaan perbankan publik yang terdaftar di BEJ. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi BAPEPAM, Bank Indonesia, investor, kreditor, dan akademisi.

Perusahaan yang diambil sebagai sempel dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang yang terdaftar dalam Bursa Efek Jakarta dari tahun 2000-2004. Metode data pool digunakan untuk mengumpulkan 120 sampel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan alat analisis statistik regresi (ordinary least seguare). Ukuran (SIZE, dan GROWTH) dan tingkat resiko perusahaan (CFVAR dan MKTBV) digunakan sebagai variabel kontrol dalam model empiris yang digunakan dalam pengujian.

Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan tidak ada pengaruh asimetri informasi terhadap hubungan antara penerapan sistem perdagangan dua papan di Bursa Efek Jakarta dan indikasi manajemen laba pada perusahaan perbankan publik yang terdaftar di BEJ, jadi Ho tidak dapat ditolak (diterima).

Penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh Djakman (2003) menunjukkan kebijakan multipapan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba (penelitian pada emiten manufaktur dan non-manufaktur, kecuali emiten keuangan). Penelitian ini menemukan adanya pengaruh yang lebih besar pada variabel kontrol dibandingkan dengan variabel independen (kebijakan multipapan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: