PENGARUH EKSTRAK SAMBILOTO TERHADAP KADAR HISTAMIN SERUM DAN GAMBARAN HISTOLOGIS SALURAN PERNAFASAN MENCIT Balb/C MODEL ASMA ALERGI

Ekstrak daun Sambiloto mengandung sejumlah bahan-bahan kimiawi yang mempunyai aktivitas sebagai antiinflamasi dan anti histamin. Sehingga dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah dan mengobati penyakit-penyakit alergi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh ekstrak daun S

ambiloto terhadap kadar histamin serum dan infiltrasi sel-sel radang pada saluran pernafasan mencit model asma alergi. Mencit Balb/C disensitisasi i.p pada hari ke-4 dengan 0,15 cc OVA dalam Al(OH)3/mencit dari 2,5 mg OVA yang dilarutkan pada 7,75 ml Alumunium hidroksida. Pada hari ke-20 dipapar lagi dengan 0,15 cc OVA dalam PBS/mencit secara i.p dari 2,5 mg yang dilarutkan pada 10 ml PBS. Pemaparan OVA aerosol (50 mg OVA dalam 50 ml PBS) diberikan pada hari ke-26, 30, 33, 39 and 46. Mencit dikorbankan 24 jam setelah akhir pemaparan OVA, kemudian bronkhus dibuat slide dengan pewarnaan HE untuk melihat tingkat inflamasi saluran nafas dan koleksi serum untuk pemeriksaan kadar histamin.

Untuk menentukan keparahan infiltrasi sel-sel radang, maka dilakukan pengamatan sel di peribronchial dengan sistem skoring berdasarkan Myou et al., 2003, yaitu: Grade 0 = Tidak ada infiltrasi sel radang; Grade 1 = Infiltrasi sel radang ke lumen bronkus; Grade 2 = Infiltrasi sel radang ke 1 lapisan dinding bronkus; Grade 3 = Infiltrasi sel radang hingga 2-4 lapisan dinding bronkus; Grade 4 = Infiltrasi sel radang hingga >4 lapisan dinding bronkus. Analisis data tingkat inflamasi dengan uji Kruskal-Wallis dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney, sedangkan kadar histamin dengan one way Anova dilanjutkan post Hoc analysis untuk menentukan perbedaan secara signifikan dengan p < 0,05.

Kadar histamin serum masing-masing adalah kelompok kontrol negatip 62,69 ± 17,88 ng/ml, kelompok daun Sambiloto 76,32 ± 18,12 ng/ml, kelompok OVA 115.50 ± 2.99 ng/ml dan kelompok kontrol positip 72.75 ± 21.30 ng/ml. Sedangkan, skor infiltrasi sel-sel radang pada saluran pernafasan masing-masing adalah kelompok kontrol negatip grade 0 (12 sampel); kelompok daun Sambiloto grade 2 (1 sampel), grade 3 (3 sampel) dan grade 4 (3 sampel); kelompok OVA grade 4 (12 sampel) dan kelompok kontrol positip grade 2 (1 sampel), grade 3 (6 sampel) dan grade 4 (2 sampel).

Ekstrak daun Sambiloto mampu menurunkan kadar histamin serum dan infiltrasi sel-sel radang pada saluran pernafasan (p< 0,05). Kemampuannya dalam menurunkan kadar histamin serum sebanding dengan kelompok kontrol positip (p> 0,05), tetapi untuk infiltrasi sel-sel radang pada saluran pernafasan tidak sebanding dengan kelompok kontrol positip (p< 0,05). Ekstrak daun Sambiloto mampu menurunkan kadar histamin serum dan infiltrasi sel-sel radang pada saluran pernafasan mencit model asma alergi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: