Pengaruh Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dan Pembelajaran Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Ditinjau dari Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa PGSD FKIP UNS Surakarta Tahu

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang : (1) Pengaruh penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan. (2) Pengaruh minat berwirausaha terhadap prestasi belajar kewirausahaan. (3) Interaksi pengaruh pengguaan lingkungan sebagai sumber belajar dan minat berwirausaha terhadap prestasi belajar kewirausaan pada mahasiswa PGSD FKIP UNS Surakarta tahun 2007.

Penelitian ini dilaksanakan di PGSD FKIP UNS Surakarta, Jl. Slamet Riyadi 449 Surakarta, 57146. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 4 tahun 2007. Mahasiswa yang teribat dalam penelitian sebanyak 80 orang. Penelitian dilaksanakan dengan metode eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Besar sampel 80 orang mahasiswa, 40 orang sebagai kelompok eksperimen dan 40 orang sebagai kelompok kontrol. Rancangan eksperimen dengan desain faktorial. Pengumpulan data dengan teknik observasi, angket, dan tes.

Analisis data dengan teknik analisis varians dua jalan. Berdasarkan hasil analisis diketemukan bahwa : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan (Fo = 16.487 > Ft 5% = 3.96) (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari minat berwirausaha terhadap prestasi belajar kewirausahaan (Fo = 17.326 < Ft 5% = 3.96). (3) Ada interaksi pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dan minat berwirausaha secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kewirausahaan mahasiswa PGSD FKIP UNS Surakarta tahun 2007 (Fo = 5.328 < Ft 5% = 0,253).

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan: (1) Dalam pembelajaran kewirausahaan hendaknya dosen menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar, khususnya lingkungan dunia usaha. (2) Dosen dan mahasiswa hendaknya meningkatkan minat berwirausaha, karena hal ini merupakan faktor dalam diri individu yang turut mendukung dalam pelakasnaan pembelajaran kewirausahaan. (3) Dosen dan mahasiswa hendaknya meningkatkan pencapaian prestasi belajar kewirausahaan, karena prestasi belajar merupakan indikator keberhasilan pembelajaran kewirausahaan. (4) Para peneliti di lingkungan UNS berkenan mengadakan penelitian tentang penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dan minat belajar dalam pembelajaran kewirausaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: