PENGEMBANGAN SUMBER DAYA KAWASAN PEDESAAN MELALUI PEMBANGUNAN PARIWISATA DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KABUPATEN SUKOHARJO

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis potensi (sumber daya) alam dan budaya yang terdapat di kawasan pedesaan di Kabupaten Sukoharjo yang dapat dikembangkan sebagai daya tarik wisata, dan merumuskan strategi yang tepat untuk mengembangkan sumber daya kawasan pedesaan di Kabupaten Sukoharjo melalui pembangunan pariwisata agar dapat memberdayakan perekomian masyarakat Kabupaten Sukoharjo.

Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Kabupaten Sukoharjo dengan pertimbangan bahwa memiliki beberapa objek dan daya tarik wisata (ODTW) potensial untuk mendukung pengembangan ekonomi wilayah dan ekonomi masyarakat pedesaan. Populasi penelitian adalah semua pelaku yang terkait dengan pengembangan wisata pedesaan di Kabupaten Sukoharjo. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan simak.

Data akan dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif dan analisis 4A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Aktifitas) dan analisis SWOT Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kabupaten Sukoharjo memiliki potensi/sumber daya yang beragam yang dapat dikembangkan sebagai daya tarik wisata, khususnya wisata pedesaan sangat beraneka ragam. Dalam rangka memberdayakan dan mengembangkan potensi alam dan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Sukoharjo sebagai daya tarik wisata pedesaan Pemerintah Daerah setempat telah melakukan berbagai langkah antara lain menyediakan dan mengembangkan berbagai amenitas (sarana penunjang) pariwisata yang dapat memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung ke berbagai objek dan daya tarik wisata pedesaan yang terdapat di daerah tersebut. Di samping itu juga memperbaiki aksesibilitas menuju objek dan daya tarik wisata pedesaan yang terdapat di daerah Kabupaten Sukoharjo.

1 Response so far »

  1. 1

    3fortune.com said,

    Ulasan yang menarik, memang Indonesia mempunyai banyak sekali objek wisata, tapi menurut saya peran serta pemerintah msh sangat kurang mendukung, salam kenal dan sukses selalu


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: