ALAT BANTU dan ALAT PERAGA PENYULUHAN PERTANIAN

ALAT BANTU PENYULUHAN PERTANIAN

Adalah alat-alat atau sarana penyuluhan yang diperlukan oleh seorang penyuluh guna memperlancar proses mengajarnya selama kegiatan penyuluhan dilaksanakan.

Ragam alat bantu penyuluhan yang diperlukam setiap penyuluh :

  1. Kurikulum

Memuat pernyataan tertulis tentang perencanaan pendidikan yang meliputi tujuan yang ingin dicapai, kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan oleh pendidik, daftar mata pelajaran yang akan disampaikan, dan rencana evaluasi yang akan dilaksanakan.

  1. Lembar-lembar persiapan penyuluhan

Berupa lembar persiapan menyuluh (LPM), lembar persiapan latihan (LPL) dan lembar persiapan kerja (LPK).

  1. Papan penulis atau papan penempel

Papan penempel yang biasa digunakan di lapangan adalah papan yang dilapisi dengan kain panel. Sedang di dalam ruang, digunakan papan bermagnit.

4.  Alat tulis

Disarankan penyuluh membawa alat tulis yang beragam warna baik itu kapur berwarna, pensil berwarna, bolpen dsb.

5.  Sarana ruangan

Beragam alat bantu dalam ruangan : pengeras suara, penata cahaya (lampu), dan penata udara (kipas angin atau AC).

6.  Projector

Alat bantu penyuluhan yang berupa beragam projektor :

  1. Overhead projektor, untuk memproyeksikan tulisan dan atau gambar yang ditulis pada bahan tembus cahaya (plastik, transparancy sheet)
  2. Solid projektor, semacam  Overhead projektor tetapi untuk memproyeksikan benda-benda tembus cahaya.
  3. Movie projektor, untuk memproyeksikan film dan film strip.
  4. Slide projektor, untuk memproyeksikan gambar/tulisan yang direkam dan slide film.

ALAT PERAGA PENYULUHAN

Di dalam penyuluhan dikenal beragam alat peraga di antaranya adalah :

1. Benda

Alat peraga semacam ini terutama dimaksudkan untuk mempengaruhi pengetahuan dan ketrampilan sasaran dalam tahapan minat, menilai dan mencoba. Ada beberapa macam alat peraga berupa benda ini :

  1. Sample atau contoh, yaitu benda atau barang asli yang dapat dibawa penyuluh untuk dijelaskan kepada sasaran penyuluhannya. Misalnya, contoh benih, contoh pupuk dll.
  2. Model atau tiruan, biasanya digunakan jika benda asli sulit didapat, volumenya bisa terlalu besar untuk dibawa ke lokasi penyuluhan atau terlalu kecil untuk mudah diamati oleh sasarannya tanpa peralatan khusus. Misal : contoh traktor, contoh bibit penghijauan, lebah, ulat dll.
  3. Specimen atau benda asli yang telah diawetkan karena benda asli sulit didapat. Dari ketigaanya, benda aslilah yang paling baik.

2. Barang cetakan

Pamlet atau selebaran, yaitu barang cetakan berupa selembar kertas bergambar atau bertulisan dan dibagi-bagikan secara langsung oleh penyuluh kepada sasaran, ke jalan raya atau disebarkan dari udara melalui pesawat terbang atau helikopter. Alat peraga ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran sasarannya.

a. Leaflet atau folder

Perbedaan leaflet dengan pamflet adalah :

1)      Umumnya dibagikan langsung oleh penyuluhnya.

2)      Leaflet merupakan selembar kertas yang dilipat menjadi dua (4 halaman) sedang folder dilipat menjadi 3 (6 halaman) atau lebih.

3)      Leaflet lebih banyak berisikan tulisan daripada gambar.

4)      Ditujukan pada sasaran untuk mempengaruhi pengetahuan dan ketrampilannya pada tahap minat, menilai dan mencoba.

5)      Brosur atau booklet

6)      Merupakan barang cetakan yang berisikan gambar dan tulisan (lebih dominan) yang berupa buku kecil setebal 10-25 halaman dan maksimal 50 halaman.

b.Placard dan poster

Keduanya merupakan barang cetakan dengan ukuran relatif besar yang ditempel ditembok, pohon atau direntangkan di pinggir/tengah jalan. Placard lebih banyak berisi tulisan sedang poster lebih banyak berisi gambar. Keduanya dimaksudkan untuk mempengaruhi perasaan/sikap dan pengalaman sasaran pada tahapan sadar dan minat.

c. Flipchart atau peta singkap, adalah sekumpulan poster selebar kertas koran, yang digabungkan menjadi satu.

d. Photo, dimaksudkan untuk mengenalkan inovasi atau menunjukkan bukti-bukti keberhasilan/keunggulan satu inovasi yang ditawarkan.

e. Flanelghrap, merupakan alat peraga berbentuk potongan gambar atau tulisan yang ditempelkan pada papan magnit atau kain flanel.

3. Gambar yang diproyeksikan

Transparancy sheet adalah lembaran mika (plastik) bergambar dan atau bertulisan yang diproyeksikan ke layar dengan menggunakan overhead proyektor. Biasa digunakan di dalam pertemuan kelompok di dalam ruangan .

a. Slide film, suatu hasil karya photografi yang berupa film positif yang diberi bingkai untuk diproyeksikan di layar dengan menggunakan slide proyektor. Berupa gambar bisu(tidak bersuara).

b. Film strip, seperti halnya slide film hanya saja masing-masing gambar tidak dipisahkan dan diberi bingkai, tetapi menjadi suatu rangkaian yang tak terpisahkan dalam satu paket penyuluhan yang utuh.

c. Movie film, obyek yang diproyeksikan tidak berujud bergambar gambar mati melainkan berupa gambar bergerak. Selain itu sudah diisi dengan suara dubbing.

d. Video dan TV, seperti halnya dengan movie film, bedanya film positif yang dihasilkan tersimpan dalam kotak kaset dan penyajiannya selalu dihubungkan dengan televisi sebagai layarnya.

4. Lambang grafika

  1. Grafik
  2. Diagram

Lambang grafika ini tidak bisa digunakan untuk menjelaskan hubungan antar peubah (variabel) tetapi hanya dapat digunakan untuk menjelaskan suatu benda atau peralatan tertentu.

  1. Bagan, shema atau chart

Di dalam praktek, dikenal beragam bagan atau shema yaitu :

1)      Pictorial chart, yaitu gambar dari suatu sistem yang dilengkapi dengan rincian dari sub sistem yang menyusunnya.

2)      Tabula chart, digambarkan sebagai suatu tabel berisi keterangan tentang keadaan masing-masing bagian (sub sistem) dari suatu sistem yang ingin dijelaskan.

3)      Ginealogical chart, yaitu gambaran tentang hubungan antar sub sistem yang ingin dijelaskan berdasar hubungan garis keturunan.

4)      Flow chart, yaitu gambaran tentang hubungan antar sub sistem dari sistem yang ingin dijelaskan berdasar alur kegiatan yang menjadi kewajiban dan tanggung jawab masing-masing sub sistem yang bersangkutan.

5)      Organizational chart yaitu gambaran tentang struktur organisasi yang menunjukkan saling berhubungan antar sub sistem dalam sistem yang ingin dijelaskan.

Progress chart, yaitu gambaran singkat tentang tingkat perkembangan yang dialami oleh masing-masing sub sistem dalam sistem yang ingin dijelaskan.

About these ads

4 Tanggapan so far »

  1. 1

    fatoni ma'ruf said,

    isinya lengkap dan cukup menarik.mohon di tambah lagi mengenai penyuluhan pertanian agar lebih di minati olehpara pembaca……..

  2. 2

    gian adrialin said,

    mksi ya,blog anda sangat membantu saya
    teruskan perjuangan mu nak.

  3. 3

    rafdinal ramadhani said,

    sama dengan rekan terdahulu isi nya agar di rinci lebih banyak kepada persiapan materi yang akan di masukkan pada lembar persiapan penyuluhan

  4. 4

    Humairy said,

    terima kasih..tulisan anda membantu saya mengetahui secara jelas media-media penyuluhan


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: